Jumat, 06 November 2015

DAY EIGHT. SILOAM SAUNA - EVERLAND - NIGHT AT (INCHEON) GIMPO AIRPORT

Banyak hal GILA terjadi di hari ke 8, hari terakhir kami di Korea ini.
......

Selesai belanja tengah malam di Lotte Mart, aku dan Dewa bergegas menuju "hotel" kami untuk malam ini. Letaknya dekat ma Lotte Mart, cuma tinggal jalan kaki 5 menit. Di perjalanan aku terus nggodain Dewa tentang "hotel" kami, dan dia juga bertambah gusar setelah melihat cukup banyak pengunjung malam itu. Yak! Penyebab kegusaran dia adalah "hotel" yang kumaksud adalah SILOAM SPA & SAUNA. Malam ini adalah Jimjilbang Time! Di hari terakhir di Korea ini, datang juga hal yang jadi momok buat dia. Berbugil ria bersama para namja korea! Hihihihi. Mau gak mau dia harus nurutin itinerary gila buatan istrinya.

Siloam Spa & Sauna

Banyak rombongan kecil yang datang berbarengan saat itu, cukup membuat keder. Sampai di bagian loket depan, kami bayar @15.000 KRW dan dapat kunci kecil yang merupakan kunci loker sepatu di ruang ganti masing-masing gender. Disinilah kami mulai berpisah ruangan sesuai kodrat kami. Aku cuma janjian untuk bertemu di ruangan campuran.

Begitu masuk ruang ganti, sepatu harus langsung dicopot dan dimasukkan ke dalam loker yang terletak persis di sebelah pintu. Kemudian kunci loker tadi diserahkan ke ahjuma yang njaga. Sama ahjuma itu ntar dikasih baju seragam warna oranye plus 2 buah handuk leher tukang becak (bisa mbayangin ukurannya kan?). Selain itu juga diberi kunci loker untuk nyimpen tas. Kunci loker itu sendiri dipasangkan ma  karet spiral yang bisa dijadiin gelang kaki atau tangan biar gampang dibawa kemana-mana.

Aku menuju lokerku. Di sana lagi kumpul 3 orang wanita chinese ndemprok nutupi area lokerku. "Excuse me..." baru minggir sedikit mereka. Aku masukin ransel dan coatku ke loker. Tahap selanjutnya harusnya aku melucuti semua bajuku. Tapi dengan kehadiran 3 orang asing dengan jarak tidak sampai 50 cm + waalau mereka juga lagi asik ngobrol n memamah biak snack. Berat. aku tak mampu.

Akhirnya aku cuma berganti pakaian seragam dan menuju ke ahjuma penjaga ruangan dengan maksud minta pindah loker yang lebih sepi. Bahasa korea + inggris + tarzan mulai dipakai, alhasil ahjuma itu ngiranya aku bingung harus ngapain, jadinya dia malah njelasin pakai bahasa korea klo aku harus lepas semua baju baru boleh ke area sauna. Duh!

Untung ada ahjuma penjaga yang lain yang kayaknya mudheng rintihan hatiku.  Dia memandang ke arah tanganku menunjuk, yaitu ke arah loker, dan melihat ada 3 orang tadi. Dan dia menyadari kalau aku malu dan minta ganti loker. Terus dia ngomong sesuatu ma ahjuma yang gak mudheng tadi. Dan alhamdulillah aku dikasih kunci loker yang lain. Makasih ahjuma!!

Aku segera memindahkan barang2ku ke loker yang baru, yang ternyata gak begitu jauh tapi cukup aman karena terletak di sudut belakang. Begitu hati ayem baru pikiran terasa jernih, akhirnya baru teringat kalo Dewa kayaknya gak aku bekali dengan cukup info tentang gimana-gimananya. Mau ngabari via hape juga ga bisa karena si wifi Olleh tewas. Huhuhu maaf Dewa semoga kamu selamat di bilik cowok.

Tanpa ba bi bu aku lepasin bikini baju dalam dan tersisa kulit tertutup handuk ukuran leher tukang becak tadi. Badan-badan bugil mulai terlihat saat aku menuju tempat pemandian yang terletak di lantai bawah.

Sampai lah di tempat mandi. Untunglah tergolong sepi. Pemandangan sekilas ada area mandi jongkok, ada juga yang bediri. Tentunya milih yang jongkok dong, sebisa mungkin menutupi badan. Dengan sok pede aku menuju salah satu sudut terdekat. Untungnya semuanya menghadap dinding dengan cermin  jadi gak lihat2an langsung.

Aku mengambil dingklik plastik dan mencucinya. Di hadapanku ada cermin, keran dan shower, dan sabun batang. Aku melihat sekeliling. Di atasku ada sekumpulan nampan ember plastik dan kain kassa buat nggosok badan. Pas aku mau ngambil ternyata ada ember isinya penuh berisi alat mandi, ada sabun cair, shampo dan banyak sachetan shompoo, conditioner, hair mask, lotion, dll. Wah langsung aku ngambil deh semua varian. Lumayan pikirku apalagi gratisan.

Balik ke bilikku aku mandi besar dengan puasnya. Keramas, masker rambut, sabunan, dan tak lupa nggosok badan pakai kain kasa tadi. Gak mau kalah ma oenni di sebelahku yang kulitnya udah kayak udang rebus saking sadisnya dia nggosok. Aku juga udah cuek ma sekitar secara udah lepas kacamata juga. Yang ada hanya pemandangan oenni korea yang mblawur.

Selesai mandi aku menyerahkan emberku yang masih berisi kain kassa, botol sampoo, botol sabun, n sachet yang udah kepake sama ahjuma yang di deket situ lagi mbersihin ember-ember yang habis dipake. Tau-tau si ahjuma nyaut ngomong bahasa korea yang tentunya aku gak mudheng. Pertama aku ngira kalau aku harus nyuci ulang kain kasa yang aku pakai. Setelah aku bilas kainnya, dia masih nyaut. Oh aku ngira kalau harus mbuang bekas sachetnya ke tempat sampah. Begitu dah dibuang eh dia masih nyaut. Bingung dong.

Setelah dia ngomong panjang lebar dan gak ada satu katapun yang nyantol dalam perbendaharaan kosakata koreaku, tapi akhirnya aku bisa ngira-ngira kalau dia nyuruh aku untuk mberesin semua alias mbawa semua alat mandi karena dipikir punyaku. Terus aku bilang itu bukan punyaku, aku cuma ambil di situ aku nunjuk tempat aku ngambil tadi. Walau agak bingung ahjuma itu akhirnya diam.
Kalau dipikir ulang, entah mengapa kami kok akhirnya bisa berkomunikasi.

Aku langsung naik ke atas lagi, ke ruang ganti. Pakai baju seragam, ngeringin rambut dan menuju ke lantai atas buat ketemuan ma Dewa. Awalnya bingung karena suasana yang remang dan orang udah pada tidur. Ternyata salah satunya Dewa, dia udah berbaring pewe n sedikit emosi karena nungguin  aku gak muncul-muncul. Tumben, padahal biasanya kalo mandi di rumah dia bisa lebih lama 3 kali lipat dari aku. Ternyata dia saking malunya mandinya cepet-cepet. Huu... Aku cerita kalau di tempat kamar mandi cewek enak ada macem2 sabun shampoo. Tapi Dewa bilang kalau cuma ada sabun batang di kamar mandi cowok. Kok aneh?

Btw, selama nungguin aku selesai mandi dia gak kemana-mana karena takut tempatnya dicup orang. He padahal ujung-ujungnya kita pindah juga gak tidur disitu. Aku bilang kalo disini tuh ada tempat tidur buat cowok dan cewek kepisah n ada juga yang khusus buat yang tukang ngorok. Tapi secara kami suami istri yang saling menyanyangi dan mencintai tentu gak mau tidur jauh-jauhan. Untunglah masih ada kamar kapsul sebelahan yang kosong. Kami pun tidur nyenyak setelah berselfie terlebih dahulu. Jam sudah menunjukkan jam 3 dini hari.



Paginya sudah terdengar aktivitas orang bangun, aku ikut terbangun tapi tidur lagi. Aku benar-benar terbangun saat Dewa mbangunin aku. Dia nyuruh aku mandi n dia sendiri pergi ninggalin aku. Aku bangun dengan males-malesan.  Aku keluar dari kapsulku dan mulai berjalan-jalan. Hal-hal yang tidak sempat aku lihat kemarin malam bisa aku lihat lebih detail. Aku turun lantai demi lantai dengan melalui tangga, jadi bisa mampir melihat isi tiap lantai.

Ruang tidur kami tadi malam berada di lantai 5. Turunlah di lantai 4 yang isinya beberapa ruangan sauna kering. Aku masukin tuh satu-satu. Mulai dari jade sauna, salt sauna yang hangat suam kuku, mpe yang adem di oxygen room dan charcoal room. Ekstrim panas ya di fire based sauna yang bentuknya aja kayak tungku. Alhasil disana bertahan kurang dari 30 detik, itupun cuma berdiri di deket pintu karena parno ke kunci. Ekstrim dingin pas masuk ice room dengan suhu -4 derajat. Lumayan bisa merasakan rasanya suhu minus kayak apa. Sayangnya gak barengan ma Dewa karena dia dah keburu pergi mandi duluan.

Turun lagi ke lantai 3, nyempetin pup di kamar mandi karena sikonnya mendukung. Sepi bo! Di lantai 3 ini yang aku ngeh cuma fitness room n comic room. Sayangnya comic in hangul, jadinya ya roaming deh.

Mpe ruang ganti cewek udah lumayan banyak orang juga. Aku lihat di tempat ahjuma jaga ternyat dia juga jual banyak hal, mulai dari celana dalam sampai peralatan mandi. What?! Jangan-jangan yang kemarin malam tuh sebenarnya bukan gratisan tapi ...... Tapi entah mengapa kalau dijual di atas kenapa di bawah banyak yang nganggur gitu. Udahlah anggep rejeki. Pantesan ahjuma kemarin heran juga.

Begitu sampai di ruangan mandi bener aja, yang ada cuma sabun batang. Dan tidak ada kain kassa seperti kemarin. Duh, jangan-jangan yang kemarin aku pakai juga bekas orang. Tiddaaakkkkkk!!!!!! Huaaa untung kayaknya kemarin aku nggosoknya gak mpe nylempit-nylempit ke dalem. Finaly, mau gak mau mandi juga pakai sabun batang secara tadi cukup keringetan pas di ruang sauna. Daebak!

Selesai mandi nyemplung dulu di giok bath, mugwort bath, n salt bath. Gak mau rugi deh. Setelah kulit kisut  baru deh menuntaskan diri.

Di depan udah ditunggu Dewa yang lagi-lagi geram nunggu aku lama banget. Hehehe. Pasti dia lapar. Terus kami makan roti dan susu yang dibeli dari Lotte Mart kemarin malam.

-----------------------

Dari Siloam, kami jalan lagi menuju LotteMart ke Seoul Station buat naik subway menuju Gangnam St dan dilanjutkan naik bus menuju Everland. Sampai daerah Gangnam ternyata dah banyak orang ngantri naik bus merah #5002. Begitu bis datang, Alhamdulillah kami berdua masih kebagian kursi. Akhirnya sepanjang perjalanan 45 menit aku tepar di dalam bis. Sampai di area parkir Everland langsung terseret arus orang menuju shuttle bus. Saat itu lagi ada rombongan anak kecil. Rame. Foto dulu di area loket. Sebenarnya sampe Everland  udah jam 12, udah kesiangan. Everland sendiri buka jam 10. Gara-gara gak mau rugi di Siloam sih.

Disana kita gak antri ke loket penjualan tiket karena kita sudah beli tiket duluan di Seoul, diskon lagi. Sebelum ikut antri masuk ke dalam Everland, mejeng dulu. Ntar tiket voucher yang dibeli, dituker ma tiket kecil gambar singa. Nah tiket ini jangan sampai hilang karena katanya ada beberapa atraksi yang butuh untuk memperlihatkan tiket ini.


Masuk Everland tampak pemandangan kastil bertemakan Natal. Tapi kita gak santai-santai di depan, dan langsung ke wahana aja, demi menebus datang telat. Tujuan utama yang juga jadi momok buat aku adalah wahana roller coaster T-express. Entah kenapa tambah umur kok tambah penakut. Dengan dalih mempersiapkan hati, aku minta latihan dulu sama wahana lain yang lebih cemen.

Kalau di dufan biasanya aku latihannya pake wahana ontang-anting lanjut naik roller coaster yang mini, baru akhirnya ngantri di roller coaster gedhe. Berdasar itu, akhirnya terpilih Hurricane. Atraksi yang aku kira mirip ontang anting. Ikut ngantri dengan banyak anak-anak sekolah (kayaknya SMP). Semakin termotivasi lihat anak seusia mereka aja berani.

Pas antri, asik-asik aja foto-foto, denger suara teriakan campur ketawa orang-orang yang lagi naik si Hurricane ini. Hingga akhirnya aku merasakan sendiri ..........

Ternyata Hurricane ini jauh beda ma ontang-anting, tapi lebih ke Kora-Kora. Wah padahal Kora Kora itu wahana yang paling aku hindari, terbukti aku gak pernah naik Kora-Kora walau ke Dufan sudah 3 kali. Hurricane kita di swing, semakin lama semakin tinggi, nah sama banget kan kayak Kora-Kora. Bedanya di Hurricane, di swing yang terakhir kita diputer pas di atas. Ngerinya bukan pas naik, tapi ternyata pas turun. Suara teriakanku yang keluar lebih terdengar seperti teriakan tercekik bukan teriakan hiforia menikmati. Dan ujung-ujungnya , setelah naik ini aku mual dan pucat. Payaaahhhh deh aku.
















(to be continued)

Tidak ada komentar: